Awesome Image

HIDUP BERKARYA “SIAPA TAKUT?”

 

 

Tiduran, ngopi, main handphone, makan, tiduran lagi? Sepertinya enak hidup seperti ini. Mungkin bagi sebagian orang akan berkata iya enak tetapi belum tentu bagi sebagian orang lainnya.

 

"Malas gerak" atau "malas berkarya" ini kondisi di mana seseorang merasa enggan, kurang motivasi, atau tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas, baik itu aktivitas fisik maupun kegiatan kreatif seperti bekerja, belajar, atau berkarya. Makna dari sikap ini bisa sangat luas dan biasanya terkait dengan faktor psikologis, emosional, atau lingkungan.

 

Tetapi sayang juga sih kalau potensi yang kita punyai tidak dimanfatkan seoptimal mungkin apalagi kalau terkait dengan waktu, yang tidak akan bisa berlaku mundur. Hanya penyesalan yang mungkin akan muncul di suatu hari. Ingatlah kalau kita hanya berpikir masa lalu atau masa kini, mungkin kita akan hilang dimasa yang akan datang. Marilah bergerak dan bangun karya yang akan tetap menggema di masa yang akan datang.

 

Makna sebuah karya sering kali lebih dari sekadar hasil akhir yang terlihat oleh mata. Sebuah karya, entah itu seni, tulisan, penelitian, atau proyek lainnya, merupakan manifestasi dari gagasan, perasaan, pengalaman, dan perjuangan penciptanya. Karya mencerminkan identitas, nilai, dan pesan yang ingin disampaikan oleh sang pembuat kepada dunia.

 

Kalau dibilang “mager” itu bagian dari ekspresi diri, berkarya juga pasti bagian dari ekspresi diri kita.  Berkarya memungkinkan diri kita bisa merenungkan apa yang ada di dalam pikira kita, cerminan perasaan, pandangan ataupun pengalaman hidup.

 

Berkarya juga bagian dari sarana berkomunikasi dengan orang lain tanpa berbatas dengan waktu, siapapun bisa menikmatinya, tergantung rasa yang didapatkan dari si penerima. Sebuah karya bisa mengkomunikasikan dari sebuah tulisan menjadi mimpi orang lain, sebuah seni rupa patung misalnya bisa menjadi sarana komunikasi waktu, sejarah, kisah cerita.

 

Berkarya juga bisa menjadikan inspirasi bagi orang lain, mengubah cara pandang terhadap sesuatu, bisa juga mengubah sebuah inspirasi perubahan sosial menjadikan sebagai alat mengedukasi, motivasi atau menyadarkan seseorang. Ini salah satu makna yang keren akan sebuah karya, menginspirasi sebuah kebaikan bagi orang lain.

 

Berkarya juga bisa digunakan sebagai refleksi kehidupan. Perlu diingat bahwa seorang profesional pun harus mempunyai sikap refleksi diri yang biak. Apalagi sebuah karya nyata bisa dijadikan refleksi diri, bisa juga refleksi secara umum, misalnya kritik spsial, kritik politik ataupun sebagai bahan dokumentasi aspek-aspek kehidupan.

 

Makna sebuah karya bukan hanya terletak pada bentuk atau fungsinya, tetapi pada proses dan nilai yang terkandung di dalamnya, baik bagi pencipta maupun orang yang menghargainya. Marilah para jiwa yang terus berkembang, berkaryalah dan jadikan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah menganugerahkan potensi kepada diri kita.

 

Selamat Berkarya kawan.

By Igun Winarno